Sunday, July 19, 2015

ISTILAH DAN STANDAR TV DIGITAL DUNIA



Tv digital yang diaplikasikan di banyak negara termasuk indonesia memiliki beberapa standar. Beberapa standar Tv digital yang di kembangkan dan diadopsi banyak negara-negara di dunia. Berikut istilah dan standar Tv digital di dunia :
Adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Suatu sistem digital yang dikembangkan oleh sebuah konsorsium bernama DVBT PROJECT di eropa. Konsorsium DVB mempunyai 280 anggota yang berasal dari berbagai organisasi penyiaran, pabrik produsen peralatan, operator jaringan, pengembang piranti lunak, badan regulasi, dan anggota lainnya yang berasal dari 35 negara.

Suatu standar transmisi digital terestial  (Transmisi lewat udara) yang meliputi sitem modulasi , kompresi, dan pengkodean channel.

Rangkaian standar yang dikembangkan oleh Advanced Television Systems Committee untuk televisi digital pengiriman melalui darat, kabel dan jaringan setelit, standat ATSC dikembangkan pada awal 1990-an oleh Grand Alliance, sebuah konsorsium perusahaan telekomunikasi dan elektronik yang merakit dan mengembangkan sebuah spesifikasi, yang sekarang dikenal dengan HDTV
Sistem penyiaran televisi digital ini diadopsi oleh Amerika Serikat, Meksiko, dan Korea Selatan. ATSC merupakan digitalisasisistem penyiaran NTSC saaat ini yang dipakai oleh negara diatas.

Standar Televisi digital dan radio digital yang digunakan di jepang. Sistem ini menggantikan sistem HDTV analog "Hi-Vision" Muse yang lebih dulu digunakan. Sebuah varian dari ISDB, ISDB-T International, dikembangkan oleh Brsil dan sedang diadopsi secara luas di Amerika Serikat. 

Standar Tv untuk terminal bergerak (mobile) dan tetap(terrestrial) digunakan di Republik Rakyat Cina, Hong Kong, Laos dan Macau. Awalnya standar ini disebut DMB-T H (DIGITAL MULTIMEDIA BROADCAST-TERRESTRIAL/HANDHELD) nama resmi DTMB 

# DMB (DIGITAL MULTIMEDIA BROADCASTING)
Teknologi transmisi radio digital yang dikembangkan di Korea Selatan, Teknologi ini untuk mengirimkan konten multimedia seperti Tv, radio dan datacasting ke perangkat mobile ponsel tv karena teknologi ini sering disebut sebagai munculnya siaran tv di telpon seluler. 
DMB dikembangkan di Kore Selatan sebagai teknologi digital untuk menggantikan radio FM. DMB dapat ber operasi melalui satelit (SDMB) dan melalui terestrial transmitter (TDMB) 

# SIMULCAST
Siaran bersamaan antara Tv digital dan Analog, hal ini biasa dilakukan saat uji coba atau proses migrasi dari analog ke digital.






by : Broadcastmagz _ juni - juli 2011









Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment