Sunday, December 25, 2011

FLASHDISK



FLASHDISK atau ada yang menyebutnya USB drive adalah alat penyimpan data bersifat removable atau mudah untuk di pindahkan mempunyai daya tahan yang kuat di banding dengan media penyimpan data yang lain seperti cakram flopi atau cakram padat kaena tidak memiliki bagian yang bergerak seperti disket karena Flashdisk menggunakan chip sebagai media penyimpanannya. 



Data yang tersimpan di FLASHDISK tidak akan hilang meski tanpa adanya daya listrik. FLASHDISK tergolong ke dalam flash memory yang merupakan sejenis EEPROM (Electrically-Erasable Programmable Read-Only Memori). Untuk melakukan pembacaan data dalam Flash Memory dibutuhkan waktu kurang dari 1 nanosecond (1/1000 microsecond), yang kira-kira secepat pembacaan data dari Main Memory. Penulisan data ke Flash Memory bisa ditulis sekali yang memakan waktu 4 – 10 microsecond,tapi tidak bisa dioverwrite secara langsung.


Untuk mengoverwrite data yang telah ada di FLASHDISK kita harus menghapus data yang sudah tersimpan di FLASHDISK tersebut lebih dulu,setelah itu data baru dapat dioverwrite. Kekurangan Flash Memory yaitu hanya dapat melakukan penghapusan ulang sekitar 10.000 sampai 1 juta kali.



Berikut bagian-bagian dari FLASHDISK :
(copas dari 
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Usbkey_internals.jpg)



1.Suatu jenis konektor USB laki-laki.

2.Sebuah Teknologi Ours Inc OTI-2168 USB 2.0 controller penyimpanan massal. Ini mengimplementasikan USB host controller 2.0, dan menyediakan antarmuka linier mulus untuk memblokir berorientasi perangkat flash serial, sementara menyembunyikan kompleksitas blok-orientasi, penghapusan blok, dan memakai menyeimbangkan. Ini berisi kecil RISC mikroprosesor dan sejumlah kecil ROM  dan RAM. Ini berkomunikasi dengan perangkat Hynix melalui terpadu 8-baris alamat / data yang bis. Versi ini adalah 48-pin 7x7mm LQFP (Profil Quad Rendah Datar Pack) permukaan-mount perangkat 

3.P1 dan JP2: dua berpenghuni 10-pin konektor, yang digunakan untuk pengujian selama pembuatan keydrive itu.

4.Sebuah Hynix Semiconductor HY27USxx121M seri Flash NAND memori perangkat, yang menampilkan 4096 blok secara independen masing-masing memberikan 16 dihapus Kbytes penyimpanan, menghasilkan total 64 Mbytes penyimpanan dapat digunakan. Versi yang digunakan dalam keydrive ini adalah 48-pin 20x12mm TSOP1 (Paket Garis Tipis Kecil) permukaan-mount paket 

5.Sebuah SKC Shin Chang Elektronik 12,000 MHz osilator Kristal (XTAL). Perangkat OTI menjalankan output dari ini melalui loop fasa–terkunci untuk menghasilkan utama 12 MHz sinyal clock 

6.Sebuah kuning tunggal light emitting diode (dijalankan dari pin pada perangkat OTI) yang berkedip untuk menunjukkan aktivitas.
7.Sebuah switch dua posisi sederhana, digunakan untuk menunjukkan apakah perangkat harus berada dalam mode "menulis-melindungi". Hal ini ditunjukkan di sini dalam membuat posisi, menunjukkan write-protect tidak aktif.

8.Sebuah berpenghuni ruang untuk paket TSOP1 memori kedua. Perangkat OTI mampu mengemudi hingga delapan perangkat tersebut.Memiliki ruang kedua memungkinkan produsen untuk memilih (umumnya berdasarkan biaya) apakah akan menggunakan satu atau dua TSOP bagian flash.





Pembahasan lain nya : 

MERAWAT FLASHDISK
FLASHDISK RUSAK
FLASHDISK TIDAK TERBACA
CARA MEMPERBAIKI USB FlASH DRIVE PADA USB DEVICE NOT RECOGNIZED
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment