Thursday, June 16, 2011

GOA BERANGIN NATEH

      Kawasan wisata Nateh di Kecamatan Batang Alai Timur, sekitar 15 km dari Kota Barabai memiliki panorama alam yang indah. Di sini bertebaran bukit-bukit batu raksasa yang kaya dengan pesona goa dan sungai berair jernih.
Goa Berangin yang terletak di Pegunungan Meratus tepatnya di Desa Nateh, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), sudah sejak ribuan tahun silam berada di perut pegunungan Meratus.
     Untuk mencapai mulut goa ini kita harus meniti puluhan anak tangga atau jika dihitung-hitung sekitar 20 meter. Ketika berada di mulut goa pasti pengunjung terperangah ketika merasakan kenikmatan angin segar dari dalam perut pegunungan Meratus.
Disebut-sebut namanya sebagai Goa Berangin lantaran hembusan hawa sejuk dan dingin baknya seperti Air Conditioner (AC) yang keluar dari mulut maupun lobang goa tersebut.
Malah di dalam goa hawa yang dirasakan sebaliknya yakni tidak lagi sesejuk ketika kita berada di depan persis mulut goa, tetapi justru hawa hangat.
 
     Konon ceritanya bagi pasangan remaja apabila terlalu sering menghabiskan waktu di "Goa Berangin". hubungan mereka putus alias kandas di tengah jalan sebelum  perkawinan,
    Cerita tentang harta karun yang tersimpan dalam goa tersebut membuat warga penasaran untuk menggalinya.Harta karun dimaksud rupanya banyak terdapat sarang burung Walet  sebagian warga yang sengaja ingin mengambil sarang burung selalu gagal, karena ditutupi oleh makhluk-makhluk halus yang berdiam di Goa Berangin ditambah lagi dengan keberadaan ular besar bernama ‘Ular Babat’

1 komentar:

  1. goanya sudah hancur gara2 org nenambang "batu rajang"... sayang, padahal potensi goa tersebut sdh lumayan utk menarik wisatawan lokal, khususnya masyarakat daerah lokal..

    ReplyDelete